Tips memilih Studio Musik dan Recording yang baik

Strato Studio

Berikut adalah tips memilih studio music dan juga studio untuk proses rekaman atau membuat demo album yang disarikan dari berbagai sumber.

1. Mendata studio

Kumpulkan semua data lengkap tentang Studio Musik karena ini akan menjadi semacam list untuk menentukan dimana band kalian akan berlatih. Ada beberapa cara untuk mengumpulkannya, Pertama, lewat iklan di majalah, khususnya majalah musik bisa juga toko musik / toko alat musik terdekat atau bisa juga dengan mencari di internet ( pada umumnya yang berpromosi adalah studio-studio yang besar saja, sementara studio kecil tetapi layak, kadang tidak mempunyai cukup dana untuk berpromosi lewat iklan) atau bisa juga menurut refrensi dari teman-teman sesama musisi.

Pilihlah studio musik yang letaknya strategis, dekat dengan semua anggota personil band Anda. Jika telah menemukan studio musik yang pas, jadilah member tetap atau langganan sehingga operator studio mengenal karakter dan mengatur set sesuai musik kamu.

2. Cek perlengkapan musik yang ada di dalam studio dan ruangan studio

Apabila datang ke sebuah studio rekaman, jangan terlalu “silau” dengan peralatan canggih yang dimiliki oleh sebuah studio. Bukan hanya peralatannya, tetapi keadaan ruangan operator sebuah Studio Musik, selain memperhatikan alat musik dan sound sistemnya agar tidak kecewa saat berlatih atau hasil rekamannya.

Sebaiknya jika anda menyewa studio musik mintalah kepada penjaga/staff studio tersebut untuk mengatur dan mangecek alat musik yang ada, hal ini penting apalagi jika sebelumnya studio musik tersebut telah disewa band lain. Hal ini penting karena jika terjadi kerusakan dapat segera diatasi karena jika tidak maka bisa-bisa anda/band yang harus menanggung ganti rugi padahal itu bukan kesalahan anda/band.

Perlu dilihat keadaan alat musik di studio tersebut misal senar gitar apakah sudah berkarat atau belum dan drum apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak karena bisa juga karena keadaan alat musik yang tidak di cek secara rutin menyebabkan ketidaknyamanan band anda saat latihan juga jika tiba-tiba ada kerusakan pada alat musik tersebut mungkin anda harus menggantinya padahala itu bukan 100% kesalahan anda. Jadi usahakan sebelum memulai latihan cek dulu keadaan alat musik apakah masih baik atau tidak.
Carilah Studio yang luasanya standar maksudnya tidak terlalu sempit dan tidak terlalu luas juga.

3. Contoh rekaman

Setelah menemukan Studio Musik dengan peralatan dan tata ruang yang baik. Cobalah meminta contoh rekaman yang pernah dibuat oleh studio music tersebut. Lebih bagus lagi apabila contoh rekaman yang mereka buat punya warna musik yang sama dengan genre musik yang band kalian mainkan. Ini tentunya akan bermanfaat ketika kita ingin membuat demo album rekaman kita.

4. Mengenal operator rekaman

Operator rekaman sama pentingnya dengan peralatan rekam yang mahal dan canggih. Karena tanpa operator rekaman yang andal, maka peralatan rekam secanggih apa pun akan menjadi percuma aja. Dari hasil contoh rekaman milik studio music itu, kita bisa mengetahui seperti apa kualitas operator rekaman yang dimilikinya.

5. Harga sewa

Terakhir, setelah mengecek secara keseluruhan studio music atau lainnya, cobalah periksa lagi secara teliti harga sewa studio musik ( rekaman ). Jangan sampai ada poin yang terlewat karena bisa saja kalian mendapatkan tambahan biaya yang karena belum termasuk dalam paket sewanya. Tanyakan secara detail apakah instrumen musik, pita rekam, penyimpanan data komputer, sampai keping CD Musik termasuk dalam harga paket rekamannya

Demikian Tips dari kami, semoga bermanfaat, tetaplah bermain musik walau apapun yang terjadi.

About Om Rist

has written 36 post in this blog.

Raden Mas Haryo Ristanto Sumarsono, adalah sesosok figur orang yang bisa saja. Optimis, Oportunis, Fleksible, dan Keberuntungan membawanya Sukses dalam menerima Barokah dari Gusti Allah. Semboyan dalam hidupnya : Jalani, Nikmati dan Syukuri

One Response to Tips memilih Studio Musik dan Recording yang baik

  1. Bung Jack says:

    Mantap Om Tips nya, buat kita yang masih pada newbie silau men liat alat-alat yang terlalu canggih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>